'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TB-Care Aisyiyah Tuban Siap Beri Pendampingan Kesehatan Bagi Ibu Dan Anak
25 Agustus 2018 15:51 WIB | dibaca 551
 
TB Care adalah program berbasis masyarakat yang merupakan bagian dari program Majelis Kesehatan Aisyiyah di bawah pembinaan Pimpinan Pusat Aisyiyah untuk memberantas penyakit TB. Program ini berfokus pada TB karena meskipun kuman Tubercolusis telah ditemukan sejak tahun 1882, tapi hingga 2016 belum ada satu negara pun di dunia yang bebas tubercolusis. Bahkan WHO baru-baru ini merilis bahwa penyakit TB telah menjadi ancaman serius yang bersaing dengan HIV.
 
Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Timur dengan status SR (Sub Recepient) melakukan perluasan program pengendali Tubercolusis  dengan menambah daerah sasaran Suspect. Aisyiyah Kabupaten Tuban mendapat amanah untuk turut berjihad memberantas penyakit TBC di wilayah kabupaten Tuban dengan status SSR (Sub Sub Recepient). 
 
Menindak lanjuti amanah yang diberikan oleh Aisyiyah Jawa Timur, maka Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tuban bergerak cepat dengan memulai rapat bersama untuk membahas tentang program Aisyiyah TB Care tersebut.
 
Rapat tersebut digelar bersama antara Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dengan Pimpinan cabang yang menjadi target sasaran Program Pengendalian Tubercolusis. Rapat yang dipandu oleh team Sub sub Recepient TB Care ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban  dilaksanakan pada Sabtu (25/8/2018 bertempat di Kediaman Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Tuban,  Hj. Neffy Mudholifati
 
Bermodalkan sumber daya insani di bidang kesehatan yang terlatih Aisyiyah Tuban berkomitmen untuk memberi pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan penyakit Tubercolusis.
 
Untuk itu Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah melalui Majelis Kesehatannya menjalankan dakwah bilhal dengan memberikan pelayanan kesehatan  kepada masyarakat khususnya kaum perempuan, anak dan bayi.
 
 
Aisyiyah tuban akan memberikan pengetahuan serta pendampingan kesehatan terhadap masyarakat untuk membudayakan pola hidup bersih dan  sehat, serta mengajak masyarakat untuk tetap berobat apabila sedang sakit.
 
Program TB Care ‘Aisyiyah Tuban sendiri dikelola oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban yang diketuai oleh Siti Aminah, M.Pd, Koordinator Program Khairul Ashari,SE dan Umi Rosidah sebagai FA  yang didampingi oleh tim medis berpengalaman sapah satunya adalah Siti Aminah untuk Suksesi program  TB Care ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban.
 
Dalam hal ini, Pimpinan Daerah Kabupaten Tuban akan melangkah bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, bersama-sama membawa Tuban Bumi Wali bebas dari penyakit Tubercolusis. 
 
Adapun wilayah kecamatan yang akan menjadi sasaran program ads 7, yaitu, Kecamatan Semanding, Palang, Plumpang, Rengel, Kerek, Jenu dan Kecamatan Tambakboyo. (Report. Umi Rosyidah)
 
Redaksi: Iwan Abdul Gani
Shared Post: