'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
TB-Care Aisyiyah Tuban Gelar Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Kader Bersama Dinas Kesehatan
26 Maret 2019 15:12 WIB | dibaca 850
 
TB Care Aisyiyah Tuban melaksanakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi untuk kader bersama layanan Dinas Kesehatan, Selasa (26/3/2019). Hal tersbut disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tuban Neffi Mudholifati lewat pesan singkat yang dikirim ke WAG Aisyiyah Tuban.
 
"Evaluasi TB bersama Dinkes, Puskesmas , Kader TB Aisyiyah" tulis Ketua PDA Tuban
 
Dalam pertemuan yang digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah Tuban itu bermaksud untuk mengevaluasi capaian kader SSR TB-HIV Care Aisyiyah.
 
TB-HIV Care Aisyiyah Tuban sendiri telah melaksanakan rekruitmen kader TB sehingga dalam pertemuan tersebut bertujuan mengevaluasi kinerja kader.
 
Salah satu indikator evaluasi, adalah penemuan kasus dan investigasi kontak. Sehingga nantinya dalam pertemuan monev ini mampu mengukur sejauh mana kemampuan kader dalam memenuhi indikator tersebut. Sehingga target capaian kasus dapat terpenuhi dan memberikan peningkatan secara signifikan.
 
Di samping itu dengan adanya pertemuan semacam ini diharapkan TB-Care, pemerintah dan Aisyiyah mampu bersinergi dalam mengemilinasi TBC yang ada di Tuban. Pasalnya, program TB Care Aisyiyah ini hanya bersifat stimulan dan punya batas waktu. Sehingga pemerintah akan menjadi harapan besar dalam menuntaskan program ini.
 
 
Penting untuk diketahui bahwa Indonesia merupakan negara ketiga terbesar dalam kontribusi penderita tuberkulosis (TB) dunia sesudah India dan Cina. 
 
Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan kerja keras dari semua pengelola program penanggulangan TB di semua sektor. 
 
Tidak dipungkiri bahwa penanggung jawab utama terlaksananya Program TB adalah Pemerintah. Namun disadari bahwa tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, termasuk Aisyiyah melalui program TB-Care, maka target yang ingin diraih sulit tercapai. 
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: