'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Siswa SD Muhammadiyah 2 Plus Palang, Mendokumetasikan Upacara Peringatan HUT RI Ke 73 DI Kecamatan Palang
17 Agustus 2018 18:36 WIB | dibaca 745

Wafie saat mendokumentasikan upacara HUT RI ke 73 di halam kantor Kecamatan Palang

Juma’at (17/8/2018) sejak pukul 7.00 para tamu undangan berbondong-bondong memenuhi halaman kantor Kecamatan Palang, kehadiran mereka dalam rangka mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 73.

Sebelum memasuki puncak peringatan HUT RI, para undangan disuguhi drama kolosal yang diperankan oleh siswa-siswi SMK Negeri Palang. Penampilan yang memukau ratusan peserta upacara. Mereka memainkan drama tentang perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman bersama masyarakat Nganjuk merebut kemerdekaan.

Upacara perignatan hari kemerdekaan Republik Iindonesia tahun ini, dipimpin langsung oleh Rohmad yang baru berjalan satu tahun menjabat sebagai camat di wilayah tersebut.

Terdengar dari pengeras suara kalimat yang diucapkan oleh MC berbunyi “Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 segera dimulai” ini menandakan bahwa upacara sudah dimulai. Para komandan regu mempersiapkan barisannya masing-masing lalu masuklah komandan upacara kemudia masuk pula Pembina upacara.

Di sisi lapangan bagian timur,  tampak seorang anak kecil berusia 7 tahun sedang berdiri sambil memegang kamera DLSR. Tampaknya dia sedang menunggu momen yang tepat untuk diabadikan dalam bentuk gmbar menggunakan kamera yang dipegangnya.

Dan momen itupun tiba, di tengah-tengah berlangsungnya upacara, tiba-tiba dia bergerak ke tengah lapangan dan mengarahkan kameranya ke arah obyek yang dituju. Tangan kanannya memegang badan kamera, sedangkan tangan kirinya menggerak-gerakkan lensa untuk mendapatkan angle yang tepat, dan cekrek, gambar pertamapun berhasil diambil yaitu gambar dari Pembina upacara yang tidak lain adalah kepala Camat Palang bernama Rohmad.

Usai mengabil gambar Pembina upacara, diapun mengarahkan kamerany ke obyek lain yaitu komandan upacara yang saat itu dipimpin oleh Sugianto berasal dari Koramil Palang. Usai mengambil gambar diapun bergerak ke sisi lain untuk mengabil gambar obyek yang berbeda.

Anak kecil tersebut diketahui bernama Wafie Mumtaz Abdul Ghani atau akrab disapa Wafie. Ternyata anak itu adalah siswa dari SD Muhammadiyah 2 Plus Palang yang saat ini baru menginjak kelas 1.

Hasil foto dari Wafie

Iwan Abdul Ghani, ayah dari anak tersebut menuturkan bahwa, anaknya itu bukan baru kali ini saja  mendokumentasikan acara-acara penting semacam ini, bahkan waktu masih TK, dia sudah ikut mendokumentasikan kunjungan menteri Pendidkan dan Kebudayaan RI ke Tuban.

“Dulu dia masih tercatat sebagai siswa di TK Aisyiyah Leran Wetan, Kecamatan Palang, dia ikut mendokumentasikan kunjungan menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Muhadjir Effendy, red) di Tuban, yang saat itu bertempat di SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban.” Kata sang ayah

Sang ayah juga mengatakan bahwa, sengaja anaknya dibiarkan memegang kamera dengan harapan besar nanti, anak tersebut bisa menjadi jurnalis ataupun profesi yang berhubungan dengan kamera.

“Memang seangaja saya biarkan dia menggunakan kamera untuk memotret. Sebagai orang tua, saya berharap anak saya kelak nanti bisa menjadi jurnalis Muhammadiyah yang handal atau profesi lain yang berhubungan dengan kamera, agar  tidak hanya dikuasai oleh orang salah sehingga berdampak pada sesuatu yang salah pula.” Kata Iwan

Redaksi: http.tuban.aisyiyah.or.id

 

 

 

 

Shared Post: