'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Serunya Siswa-Siswi MI Kreatif Panyuran Bermain Bentengan
26 Juli 2019 15:07 WIB | dibaca 1568
 
Tempat Wisata Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang Kabupaten Tuban pada Jum'at (26/7/2019) tampak berbeda dibanding hari biasanya. Suara teriakan anak-anak saling bersahutan sambil berlari mengejar temannya. 
 
Meski napas terengah-engah, kegembiraan terpancar dari wajah mereka sambil sesekali tertawa lepas. Terlebih saat mereka bisa menyentuh benteng atau pohon kelapa yang menjadi penanda kemenangan sebuah tim. 
 
Itulah sekilas gambaran permainan benteng-bentengan yang diperankan oleh Siswa-siswi Kelas 2 A MI Muhammadiyah Kreatif Panyuran yang digelar tidak jauh dari Gedung Sekoleh mereka 
 
"Permainan bentengan,  salah satu permainan tradisional yang terdapat dalam materi tema 1" ucap Umi Fauziyah, Wali Kelas 2 A
 
 
Dalam permainan ini, setiap pemain harus menjaga benteng. Setiap kelompok yang berhasil memenjarakan anggota kelompok lain dan salah satu anggota masuk memegang benteng terakhir, maka dialah yang menjadi penguasa atau keluar sebagai pemenang. 
 
”Sangat senang bisa bermain bentengan. Kami harus berlari kencang dan menjaga benteng kalau ingin menang,” kata Wafie salah satu siswi kelas 2 A
 
Dia mengaku senang bisa ikut bermain benteng-bentengan ini. ”Permainannya sama dengan olahraga karena harus berlari,” 
 
Permainan ini disamping sebagai materi ajar kategori muatan lokal di sekolah tersebut, tindakan ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya melaksanakan amanat UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan dapat memperkaya bahan ajar tenaga pendidik dan sesuai dengan kedaerahan masing-masing.
 
 
Apa yang dilakukan oleh MI Muhammadiyah Kreatif Panyuran ini membuktikan bahwa, permainan tradisional itu menggembirakan dibanding game online sperti Mobile Legend, Lords Mobile, Class Of Clans, PUBG Mobile dan lain-lain. 
 
Di dalam permainan bentengan mengandung banyak manfaat bagi anak karena dapat melatih daya tahan serta kekuatan, pasalnya dalam permainan ini pemain dituntut untuk terus berlari. Selain itu permainan ini juga dapat memupuk kerja sama antar kelompok.
 
Iwan
Shared Post: