'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sahabat Aisyiyah Wajib Tahu Cara Membantu Buah Hati Menghadapi New Normal
04 Juni 2020 18:41 WIB | dibaca 624
 
Pandemi virus corona tak kunjung memperlihatkan penurunan angka positif terinveksi. Semakin hari, jumlah angka terpapar virus corona semakin naik grafiknya. Meskipun sudah lama melakukan segala aktivitas di rumah saja, kini pemerintah menerapkan new normal atau berdamai dengan kondisi yang terjadi saat ini. 
 
Bagi sebagian ayah dan bunda, tentu juga akan mempersiapkan dari awal memasuki tatanan new normal. Jika orang dewasa perlu adanya mempersiapkan diri, lantas bagaimana mempersiapkan untuk anak-anak? Peran Ayah Bunda yang saat ini dibutuhkan dan paling penting untuk tetap menjaga sang buah hati dari pandemi corona. Berikut ini cara membantu buah hati hadapi new normal.
 
1. Siapkan Mental Buah Hati
 
Setelah berbulan-bulan melakukan kegiatan belajar di rumah saja, tentu menjadi hal yang membosankan bagi sang buah hati. Jika new normal mengharuskan anak-anak untuk kembali bersekolah, maka tentu saja membuat ayah bunda cemas dan khawatir.
 
Hal yang perlu dilakukan oleh ayah bunda tentunya menyiapkan mental bagi buah hati dengan beberapa perubahan yang ada. Selalu terapkan komunikasi untuk menanyakan kondisi emosi anak tentang kembali ke sekolah, hal tersebut berguna bagi ayah bunda untuk tetap menguatkan hal yang membuat si kecil cemas. Selain itu, selalu berikan emosi positif bagi buah hati agar kembali menjadi semangat.
 
2. Terapkan Betapa Pentingnya Jarak Sosial
 
Menjelaskan kepada buah hati mengenai pandemi virus corona memang bukanlah hal yang mudah. Beberapa anak mungkin bingung lantaran tidak boleh keluar rumah, bersekolah, bermain, dll. Jika dihadapkan kondisi new normal seperti saat ini, tentu memberikan pengertian kepada sang buah hati sangatlah penting untuk dilakukan.
 
Untuk tetap bisa berdamai dengan kondisi yang terjadi saat ini, orangtua sangat perlu menerapkan betapa pentingnya menjaga jarak sosial. Mulai dari mengubah kebiasaan bersalaman dengan cara namaste, dan terpenting untuk tetap menjaga jarak dari anak-anak lain di lingkungannya.
 
3. Latihan Protokol Simulasi di Rumah
 
Ayah dan bunda bisa melakukan hal yang satu ini untuk tetap memantau sang buah hati. Melakukan protokol simulasi di rumah sangat penting dilakukan. Ayah bunda bisa memulai membiasakan untuk menjaga jarak, sering cuci tangan, dan buang sampah tisu selesai bersin. Hal ini akan membuat sang buah hati menjadi terbiasa dan terus melakukannya meskipun tidak sedang berada di rumah. Selain itu, akan menumbuhkan sikap disiplin dan mandiri di dalam diri anak.
 
4. Membantu Sang Buah Hati untuk Tetap Terhubung dengan Temannya
 
Meskipun lama berada di rumah saja, tentu membuat anak jauh dari teman-teman sebayanya. Pandemi virus corona memang sangat penting untuk menjaga jarak, namun tidak dengan ikatan emosional mereka. Sebagai orangtua, cobalah untuk mencari cara-cara kreatif dengan cara menghubungkan sang buah hati melalui teknologi seperti video call dan lainnya, sehingga sang si buah hati tetap bisa berkomunikasi dengan teman-temannya.
 
5. Hindari Memberi Kecemasan Berlebih Pada Buah Hati
 
Kunci rasa aman bagi anak-anak ialah orangtua. Sebagai orangtua harus selalu bersikap tenang agar sang buah hati juga ikut merasa tenang. Di dalam masa yang sulit ini, Ayah bunda juga perlu untuk mengontrol tekanan stress agar tidak berdampak bagi anak. Hal ini supaya kekuatan pada buah hati tidak goyah.
 
Itulah beberapa cara membantu buah hati menghadapi new normal yang perlu ayah bunda ketahui. Hal yang terpenting yaitu tetap menjaga daya tahan tubuh buah hati agar terhindar dari paparan virus corona. Semoga bermanfaat.
 
Redaktur: Iwan Abdul Gani
Shared Post: