'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pupuk Semangat Persatuan, SD Muhammadiyah 2 Plus Palang Libatkan Wali Siswa Dalam Lomba Hias Kelas
15 Agustus 2018 12:00 WIB | dibaca 4431
Wali siswa bergotong royong menghias kelas
 
Umumnya Lomba kreativitas ruang kelas di suatu sekolah dilakukan oleh siswa dan guru. Namun di SD Muhammadiyah 2 Plus Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur, lomba tersebut melibatkan wali murid. Lomba tersebut adalah mempercantik ruang kelas yang mungusung tema " Kerja Kita, Prestasi Bangsa"
 
Hal tersebut dilakukan untuk memeriahkan  HUT RI ke 73 dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan, sebagaimana yang diutarakan oleh Budi Hari Utomo, Kepala SD Muhammadiyah 2 Palang kepada redaksi pada Rabu (15/8/2018).
 
"Hari ini kami mengadakan lomba menghias kelas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 73. Wali murid turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan sebagai bagian dari lembaga pendidikan Muhammadiyah khususnya SD Muhammadiyah 2 Plus Palang.
 
Kegiatan tersebut menurut Budi diadakan selama dua hari, yaitu Rabu dan Kamis, hari pertama lomba hias kelas oleh wali murid dan anak-anaknya dan hari keduanya lomba khusus untuk anak-anak yang diformat dalam bentuk bermainan mendidik
 
"Kegiatan diadakan selama dua hari, hari pertama lomba hias kelas oleh wali murid beserta anak-anaknya. Hari kedua lomba khusus untuk anak-anak yaitu beberapa permainan yang mendidik untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan anak didik.
 
Tambahnya. "Untuk tema secara umum adalah "Kerja kita prestasi bangsa" kemudian di implementasikan ke masing-masing kelas. Kelas 1a, Ragam flora dan fauna; kelas 1b: colour full; Kelas 1c: Menanamkan sikap kasih sayang kepada teman. Sedangkan untuk kelas 2a: Kelasku Perpustakaanku; kelas 2b: Kebersihan adalah bagian dari iman, Sementara kelas 3: Daur ulang barang bekas dan Kelas 4 Keragaman budaya."
 
Dia juga mengapresiasi kekompakan wali siswa SD Muhammadiyah 2 Plus Palang. "Wali siswa Muhammadiyah 2 Palang memang luar biasa kekompakannya."
 
Adapun kriteria penilaian dari lomba hias kelas adalah, Biaya minim; kreatifitas; Inovatif; Unik; bahannya daur ulang atau pemanfaatan barang bekas.
 
Hasil karya wali siswa dari bahan bekas untuk menghiasan kelas
 
Dalam perlombaan tersebut, setiap kelompok tim  mengutis 2 orang  untuk mempresentasikan hasil menghias kelas.
 
Siti Maghfiroh, wali dari salah satu murid kelas 1c yang ditunjuk memperesentasikan hasil karya menuturkan bahwa, dia awalahnya bingung apa yang mau disampaikan karena penunjukkan dirinya secara mendadak, namun semua itu bisa teratasi atas kerja sama antara wali murid yang sangat baik
 
"Saya ditunjuk untuk mempresentasikan hasil kerja kami dari kelas 1c, awalnya saya degdegan dan bingung apa yang mau saya sampaikan, karena ini mendadak. Akhirnya ada bundanya Akbar (salah satu siswa kelas 1c) menghubungi saya bahwa dia punya beberapa hadits yang dibuat dalam bentuk tulisan untuk menghias kelas sesuai dengan tema kami yaitu menanamkan sifat kasih sayang kepada teman." Tuturnya
 
Lanjut dia "Alhamdulillah berkat kekompakan dan kerja sama yang baik antara wali murid akhirnya saya bisa berdiri di depan untuk mempresentasikan karya kami, tidak banyak yang saya sampaikan, saya hanya mengutip salah satu hadits Nabi tentang kasih sayang dan menerangkannya sepengetahuan saya."
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: