'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Prof. Muhajir Efendi. Keluarga Sangat Berpengaruh Pada Pembentukan Karakter
18 Januari 2018 18:58 WIB | dibaca 670
Dalam Seminar pra Tanwir I 'Aisyiyah yang diadakan di aula  At-Tauhid Tower Universitas Muhammadiyah Surabaya ( 18 - 1 -2018 ), mendikbud menekankan pentingnya menjaga keagungan nilai pendidikan dalam keluarga.pasalnya.keluarga adalah komunitas pendidikan pertama dan utama bagi anak - anak.
Unsur family's values ( nilai keluarga) perlu terus dijaga karena akan sangat berpengaruh terhadap karakter anak. Peran  lembaga pendidikan adalah mengembangkan nilai keluarga itu, bukan sebaliknya 
Tudak tepat apabila orang tua hanya menyerahkan nasib pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah, sebab tidak jarang sekolah melakukan penyeragaman yang berimbas pada lunturnya nilai itu sendiri. "kalau keluarga itu tidak memiliki ya wajar menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada sekolah.
Beliau juga menegaskan bahwa sekolah bukanlah sumber nilai satu - satunya. Ada keluarga lingkungan, bermain, atau lainnya yang juga bisa dijadikan sumber nilai dalam penguatan karakter.
Beliau mencontohkan wakil Presiden Yusuf Kalla (JK) misalnya, yang bisa menjadi pengusaha sukses seperti saat ini lantaran tradisi nilai keluarga. Pak JK bisa jadi pengusaha bukan hanya karena sekolah, tapi itu lebih karena nilai tradisi keluarga yang terwariskan lantaran pak JK sering ikut jaga toko milik orang tuanya.
 Inilah yang dimaksud oleh mendikbud dengan penguatan pendidikan Karakter (PPK)
 
(Fatim)
Editor. Iwan Abdul Gani
Shared Post: