'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MI dan MTs Cendoro. Sekolah MEWAH Yang Ramah Lingkungan
07 Agustus 2018 14:24 WIB | dibaca 117
Halaman sekolah MI dan MTs Muhammadiyah Cendoro
 
Pada Sabtu, 21 Juli 2018 yang lalu, redaksi tuban.aisyiyah.or.id berkesempatan mengunjungi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang terdiri dari MI dan MTs Cendoro. Suasana nyaman sangat terasa ketika memasuki sekolah yang berada di Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lembaga pendidikan tersebut dijuluki "Sekolah Mewah" singkatan dari Sekolah Mepet Sawah, dikarenakan letaknya yang berdempetan denga persawahaan. 
 
Isu lingkungan terus menjadi hangat diseluruh penjuru dunia, semboyan green school telah menjadi populer disemua kalangan.  Gerakan cinta lingkungan ini terus bergerak dan masif. 
 
Perguruan Muhammadiyah (MI dan MTs) Cendoro tampaknya telah lama menerapkan sistem sekolah hijau atau green school. Hal ini terlihat secara nyata pada halaman sekolah yang tidak hanya menanam tanaman hias seperti bunga-bunga, namun juga menanam tanaman produktif seperti jagung, kacang dan juga mangga.
 
Tidak berlebihan jika dinilai bahwa sekolah tersebut lebih dari sekedar "Sekolah Adiwiyata". Hal ini dikarenakan melihat suasana halaman sekolah yang luas tampak begitu hijau dan bersih. Aneka bunga menghiasi halaman, pohon mangga yang berada di halamanpun tampak berbuah, yang lebih memanjakan mata lagi adalah di tengah halaman sekolah terdapat sepetak tanah yang cukup luas, dijadikan kebun untuk menanam kacang dan jagung.
 
Walau pepohonan merindangi berbagai sudut halaman, sangat sedikit sampah berserakan. Bagaimana suasana sehat dan ramah lingkungan tersebut terwujud? Jawabnya, budaya kebersihan sudah menjadi bagian dari kehidupan belajar-mengajar di sekolah tersebut.
 
Mustahil memang halaman seluas itu bisa dibersihkan hanya oleh satu atau dua orang petugas kebersihan atau tukang kebun. Peran serta seluruh jajaran guru dan murid menjadi faktor utama mewujudkan kebersihan di sekolah tersebut. Sekolah yang cukup jauh dari perkotaan tersebut bisa dibilang melaksanakan program kebersihan secara komprehensif. 
Kebun kacang yang terletak di halaman sekolah MI dan MTs Muhammadiyah Cendoro
 
Sekolah berwawasan lingkungan hidup adalah sekolah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya. Pengajaran yang berbasisi lingkungan dan kesadaran warga sekolah akan pentingnya lingkungan merupakan bagian terpenting dari sekolah berwawasan lingkungan hidup.
 
Untuk menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan hidup bukan hal yang sulit, asalkan ada niat dari warga sekolah. Kita dapat melihat seperti apa sekolah berwawasan lingkungan hidup dari contoh sekolah-sekolah yang sudah mulai menerapkan prinsip peduli dan berbudaya lingkungan seperti di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Cendoro.
 
 
Catatan redaksi: Iwan Abdul Gani
Shared Post: