'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Melalui Tanwir, 'Aisyiyah Tuban Harus Naik Kelas
18 Januari 2018 08:31 WIB | dibaca 802
Temu pengusaha  dalam rangka Tanwir 'Aisyiyah 1 dengan tema "UMKM Naik Kelas " kamis (18/01/2018) Yg dihadiri Seluruh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah se bertempat di Universitas Muhammadiyah Surabaya.
 
Istilah naik kelas biasanya identik dengan anak sekolah yang telah menempuh ujian semester dan memenuhi syarat untuk naik ke jenjang berikutnya (Naik Kelas). Istilah ini muncul dalam dalam Temu Pengusaha bertema “UKM Naik Kelas: Tantangan dan Peluang di Era Milenial” yang diadakan sebagai kegiatan pra Tanwir I Aisyiyah, di UMSurabaya, Kamis (18/1/18).
Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jatim, Dra Siti Dalilah Candrawati saat memberikan sambutan mengatakan bahwa "Naik kelas artinya memiliki kemampuan lebih dalam usaha seperti menjalin relationship dengan pihak lain dan progresnya meningkat,”
 
Dalilah panggilan akrabnya berharap agar,  Setelah acara ini semua bisa berkembang dan mengembangkan usaha bersama di daerah masing-masing.
Dalam acara tanwir ini, Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Tuban mengrim utusannya yang dipimpin langsung oleh Ketua PDA Hj. Nefi Mudholifatin.
Acara ini menghadirkan nara sumber yang sudah tidak asing lagi yaitu Prof. Budi Satria. Dalam penyampaian materi dia mengatakan bahwa 85% usaha gagal karena tidak dijalankan dengan ilmu yang memadai.
Sementara itu Latifah Iskandar dalam pembukaan temu  Pengusaha menyampaikan 5 karakter  islami yg harus difahami :
1. Gerakan islam berkemajuan 
2.Gerakan Perempuan berkemajuan 
3. Berbasis akar rumput 
4. Prasis  amal usaha 
5. Berwawasan kebangsaan
Tanwir 'Aisyiyah juga diisi dengan bazar. Ajang ini dimanfaatkan oleh 'Aisyiyah Tuban untuk menjual hasil olahan laut  khas Tuban seperti ikan asin, ikan crispi, rambak kulit ikan krupuk ikan, kecap, petis, trasi dan sejenisnya
Selain olahan laut di atas, dijajakan juga blimbing madu khas desa Tasemadu serta  batik khas Tuban yang dikenal dengan batik Gedok tulis.
Acara temu pengusaha ini dimanfaatkan oleh 'Aisyiyah Tuaban sebagai jembatan untuk mendapatkan  ilmu dan pengalaman dari para pengusaha agar UKM-UKM naik kelas dari skala mikro ke jenjang yang lebih tinggi.
'Aisyiyah Tuban harus naik kelas menuju jenjang yang lebih tinggi lagi. 
 
Lilik Muyasaroh
Editor: Iwan Andul Gani
Shared Post: