'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Lestarikan Budaya Nusantara, KB/TK Aisyiyah Leranwetan Mendongeng Menggunakan Wayang
28 Agustus 2019 14:14 WIB | dibaca 239
 
Mengenalkan  budaya pada sikecil sangat penting ya bunda, apalagi di masa pertumbuhannya. Karena usia dini sangat mudah dan rentan menerima hal hal yang bisa merasuki otaknya, Baik itu yang positif ataupun negatif. Yang demikian emik Sri Lestari, Kepala Kelompok Bermain (KB) Aisyiyah Leranwetan.
 
"Apalagi di era yang serba canggih seperti sekarang ini. Teknologi makin merasuki kalangan anak anak."kata dia
 
"Nah Bunda, bagaimana cara Anda mengenalkan budaya Indonesia pada Si Kecil? Ya, banyak caranya. Salah satu cara untuk mengenalkan budaya Indonesia pada Si Kecil adalah melalui dongeng." Imbuhnya
 
Sebab menurut dia, mendongeng menjadi metode efektif untuk menstimulasi perkembangan bahasa, kognitif, motorik halus, dan ekspresi emosi anak.
 
Mendongeng juga metode yang menyenangkan. Banyak budaya Indonesia yang bisa dijadikan metode ketika mendongen. Salah satunya adalah media wayang. 
 
Oleh karena itu pada Rabu (28/8/2019) KB/TK Aisyiyah Leran Wetan mengadakan acara mendongeng dengan mendatangkan ahli dongeng nasional asa Bojonegoro bernama Rubi atau yang akrab disapa Kak Rubi.
 
Tujuan menggunakan wayang sebagai media dalam mendongeng menurut Sri Lestarai untuk memperkenalkan budaya bangsa kepada Anak Usia Dini.
 
Dengan harapan dapat memberikan daya tarik dan minat kepada anak-anak dalam belajar mengenal tokoh pewayangan jawa serta belajar ilmu budi pekerti sehingga dapat memberikan pengertian mengenai arti pentingnya wayang sebagai budaya bangsa. 
 
"Dengan mengenalkan budaya kepada anak sejak dini akan mengajarkan anak kita bersentuhan langsung pada budaya."ujarnya
 
Kedepannya kata dia anak-anak bisa menjadi generasi yang bangga dengan budaya bangsa sendiri, mencintai, dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya serta bisa mengembangkan sikap menghargai keberagaman budaya bangsa.
 
 
Shared Post: