'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Inilah Maklumat Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban Terkait Penyebaran Virus Corona
17 Maret 2020 14:20 WIB | dibaca 334
 
Virus corona COVID-19 sudah masuk Indonesia. Sekarang ada 134 pasien positif corona di tanah air. Bagaimana cara penyebaran virus corona?
 
COVID-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit dapat menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.
 
Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona.
 
Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap.
 
Namun, beberapa orang yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tak merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.
 
Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mendapat perhatian medis.
 
 
Dalam rangka mencegah penularan corona, Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban membuat maklumat  yang isinya:
 
1. Pasien rawat inap tidak boleh dijenguk
2. Penunggu pasien rawat inap maksimal hanya boleh 1 orang
3. Pasien rawat jalan hanya boleh diantar 1 orang
4. Budayakan cuci tangan sebelum masuk dan keluar rumah sakit
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: