'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Gelar Penyembelihan Kurban. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban Perketat Protokol Kesehatan
21 Juli 2021 08:06 WIB | dibaca 258
 
Panitia Shalat Idul Adha Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban tahun ini masih diberi hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Pemda Tuban.
 
Diketahui hewan tersebut berasal dari perusahaan bernama PT. Timbul Jaya yang dititipkan ke Pemda Tuban untuk didistribusikan.
 
Hewan kurban diserahkan langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan diterima oleh Ketua Panitia Shalat Id, Sukarno di Kantor Bupati Tuban.
 
 
Selanjutnya hewan berupa sapi tersebut kemudian disembelih hari ini di halaman sekolah SMP / SMA Muhammadiyah Tuban, Selasa (20/7/2021)
 
Sukarno selaku ketua panitia menuturkan bahwa penyembelihan hewan kurban tahun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lebih diperketat mengingat masih diberlakukannya PPKM.
 
"Menghindari kerumunan, kami membatasi petugas yang melaksanakan penyembelihan dan  memperketat protokol kesehatan."tuturnya
 
Alasan pemilihan tempat di SMP/SMA Muhammadiyah kata Sukarno karena memiliki area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jarak fisik atau physical distancing.
 
"Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di samping hanya dihadiri oleh petugas atau panitia penyembelihan hewan kurban juga dipantau oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Tuban."ucapnya
 
Daging hewan kurban tersebut kemudian dikemas lalu disalurkan ke beberapa Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Kabupaten Tuban yang layak mendapatkannya.
 
"Walaupun dibatasi jumlah panitianya, alhamdulillah pekerjaan cepat selesai. Ada 225 bungkus daging dan sudah dikelompokkan sesuai Jumlah PCM yang didata." kata dia
 
Mengingat panitia penyembelihan hewan kurban PDM Tuban belum memilik tempat penyembelihan khusus yang sesuai standar, Sukarno berharap PDM Tuban bisa mengupayakan tempat penyembelihan yang layak. Menurut dia, SMP/SMA Muhammadiyah Tuban layak dijadikan tempat penyembelihan. 
 
"Area ini luas, ke depannya saya berharap bisa dijadikan tempat penyembelihan hewan kurban permanen, sehingga tiap tahun kita tidak berpindah-pindah."tutupnya
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: