'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Di Tuban Hanya Rumah Sakit Muhammadiyah Yang Punya Poli Urologi
30 Januari 2018 11:22 WIB | dibaca 5530
 
 
Gambaran Umum
 
Urologi adalah ilmu kedokteran dengan ruang lingkup medis dan bedah yang berfokus pada perawatan penyakit saluran kemih, baik pada pria (juga sebagai organ reproduksi) maupun wanita. Urologi berhubungan langsung dengan semua masalah yang terjadi pada beberapa organ ginjal, ureter, kantung kemih, uretra, kelenjar adrenal, serta sistem reproduksi pria meliputi testis, epididimis, prostat, penis, vas deferens, dan vesika seminalis. Sebab, sistem kemih berkaitan erat dengan sistem reproduksi, maka penyakit yang terjadi pada salah satu sistem tersebut akan berdampak langsung pada keduanya. Hal ini disebut juga dengan kondisi genitourinari. Berikut ini akan dibahas mengenai cakupan penyakit yang termasuk dalam urologi, antara lain infeksi saluran kemih, hiperplasia prostat, kanker prostat, batu ginjal, dan masih banyak lagi.
Penyakit dan Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Urologi
 
Urologi adalah cabang perluasan dari ilmu kedokteran oleh karena banyaknya jumlah organ yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, sebagian besar dokter urologi akan mengambil sub-spesialisasi yang berfokus pada diagnosis dan perawatan penyakit dengan cakupan yang lebih sempit lagi, antara lain: Batu ginjal dan batu ureter, kanker ginjal, kanker prostat, kanker kantung kemih ,kanker testis, kanker penis, kanker uretra, pembesaran prostat jinak, inkontinensia urin, kantung kemih overaktif, disfungsi seksual (atau disfungsi ereksi), nyeri pelvis, infeksi urologi, infertilitas pria, jejas pada saluran genitourinari, peyronie's disease, priapisme, luka pada uretra
 
Hal-hal di atas hanyalah beberapa masalah urologi dan ginjal yang paling umum yang dapat mengenai individu. Bahkan, terdapat lebih banyak lagi penyakit dan gejala urologi serta ginjal yang dapat ditangani oleh seorang dokter urologi. Ada pula beberapa spesialis lain yang mengambil pelatihan lebih lanjut terkait urologi, misalnya urologi pediatrik yang mengkhususkan pada kondisi urologi pada anak, meliputi: Batu ginjal anak, kriptorkidisme (kegagalan testis untuk turun ke dalam skrotum), hipospadia, refluks vesikoureter. (Sumber:www.docdoc.com).
 
Kabar gembira untuk masyarakat Tuban dan sekitarnya bahwa di Tuban sudah ada dokter speisialis yang bisa menangani penyakit Urologi. Dia adalah dr. Asro Abdih, Sp.U yang direkrut oleh Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban. Selain jadi dokter dia juga merupakan dosen di UNAIR
 
dr. Asro Abdih sendiri dalam acara seminar kesehatan yang diadakan oleh rumah sakit Muhammadiyah Tuban, 24 Nopember 2017 yang lalu di gedung KSPKP mengatakan bahwa,  urologi tidak semuanya bisa disembuhkan dengan obat, salah satunya adalah kencing batu, penyakit ini bisa disembuhkan melalui tindakan operasi.
 
 
Sebagai wujud  peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Tuban, sesuai motonya Layananku Ibadahku, maka rumah sakit Muhammadiyah Tuban membuka poli urologi agar masyarakat Tuban yang menderita penyakit tersebut tidak lagi ke Surabaya untuk berobat namun bisa datang ke rumah sakit Muhammadiyah Tuban.
 
dr. Indah Kusuma Dewi selaku direktur rumah sakit dalam keterangannya mengatakan bahwa, spesialis urologi ini adalah satu-satunya di kota Tuban dan Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban yang memilikinya.
Sementara itu H. Nurul Yakin, SH, selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kabupaten Tuban dalam satu kesempatan, saat mengetahui hal ini, beliau sangat mengapresiasinya dengan mengatakan, "Bravo Rumah Sakit Muhammadiyah, tetap jaya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dengan motto, Pelayananku adalah Ibadahku".
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: