'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Di Depan Taruna SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Ustadz Hidayat Utsman "Beda Antara Tahu Agama dan Faham Agama"
19 Februari 2019 20:19 WIB | dibaca 778
 
Barang siapa yang Allah kehendaki menjadi baik, maka Allah akan menjadikannya faham terhadap agamanya. Hal tersebut merupakan makna dari salah satu hadits Nabi tentang pentingnya memahami Islam yang disampaikan oleh ustadz Hidayat Utsman saat mengisi dirosah diniyah bersama Taruna SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Selasa (19/2/2019) di masjid Almanar.
 
"Orang yang faham agama dengan orang yang mengetahui agama itu berbeda. Contohnya kita meyakini bahwa pertanyaan dalam kubur itu ada. Orang yang faham dengan agamanya dia akan berpikirnya begini, kalau saya mati, saya akan pertanggung jawabkan apa yang sudah saya lakukan di hadapan Malaikat Mungkar dan Nakir. Setelah itu, dia akan menyiapkan dirinya untuk menghadapai itu." Ucapnya
 
Menurut dia bahwa, secara umum yang diketahui orang adalah di dalam kubur nanti akan ditanya Tuhannya siapa? Nabinya siapa? Kitabnya apa? Agamanya apa?
 
"Kalau orang yang hanya sekedar mengetahui bahwa ada pertanyaan dalam kubur, dia hanya tahu saja, sedangkan orang faham, dia mempersiapkan dirinya dan berharap bisa menjawab pertanyaan Malaikat dalam kubur." Tuturnya
 
 
Dalam hadits tersebut kata dia redaksinya adalah يفقه   (faham) bukan يعلمه   (tahu). "Dan يفقه في الدين    itu orang yang dipilih oleh Allah."
 
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa orang yang tahu bahwa membaca Al-Qur'an akan menjadi penolong di akhirat atau membaca Al-Qur'an akan mendapatkan 10 pahala pada tiap-tiap hurufnya hanya sekedar tahu.
 
"Orang tahu bahwa membaca Al-Qur'an itu pahalanya banyak, tetapi tidak faham. Tidak fahamnya gimana? Sudah tahu banyak tetapi tidak membaca. Itu maksud dari bedanya orang yang tahu agama dengan orang yang faham agama." Ujar sang ustadz
 
Dia berharap semoga semua yang hadir dalam majelis tersebut dimasukkan dalam golongan orang-orang yang difahamkan dengan agamanya.
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: