'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Corona Makin Mengganas. Inilah Makanan dan Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh
24 Juni 2021 11:54 WIB | dibaca 132
 
TUBAN.AISYIYAH.OR.ID  - Penularan virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa waktu terakhir.
 
Lonjakan kasus positif Covid-19 di berbagai daerah membuat pemerintah mengambil tindakan strategis.
 
Pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai 22 Juni-5 Juli 2021 menjadi upaya yang dipilih pemerintah untuk mengendalikan penularan.
 
Vaksinasi Covid-19 juga mulai digencarkan di berbagai daerah untuk mencapai target herd immunity 70 persen.
 
Tak lupa, masyarakat juga diimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.
 
Selain mematuhi protokol pencegahan Covid-19, tindakan-tindakan yang bersifat individu juga berperan vital untuk mencegah penularan virus corona meluas.
 
Bagi masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas, kini pendaftaran vaksinasi untuk masyarakat umum di sejumlah kota dan kabupaten sudah dibuka dan dapat diikuti dengan gratis.
 
Mencegah penularan virus corona juga dapat dimulai dengan menguatkan daya tahan tubuh, misalnya dengan mengonsumsi bahan pangan yang bermanfaat bagi kesehatan.
 
Mencegah penularan virus corona juga dapat dimulai dengan menguatkan daya tahan tubuh, misalnya dengan mengonsumsi bahan pangan yang bermanfaat bagi kesehatan.
 
Lantas, apa saja bahan pangan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh?
 
Ahli gizi DR dr Tan Shot Yen mengatakan, bahan pangan yang mengandung zat-zat bermanfaat bagi kesehatan dikenal dengan istilah functional food.
 
Tan menyebutkan, functional food mengandung antioksidan, fitofenol, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan membawa manfaat kesehatan.
 
Namun, Tan menggarisbawahi bahwa manfaat kesehatan itu hanya bisa diperoleh jika functional food dikonsumsi sebagai kebiasaan, bukan hanya satu atau dua kali.
 
Berikut adalah beberapa kelompok bahan pangan yang termasuk ke dalam functional food dan bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh:
 
Buah-buahan: beri, kiwi, persik, apel, jeruk, pisang
 
Sayuran: brokoli, kembang kol, kangkung, bayam
 
Kacang-kacangan: almond, mete, pistachio
 
Legum: buncis, kacang hitam, lentil
 
Biji-bijian utuh: gandum, soba, beras merah
 
Makanan laut: salmon, sarden, mackerel, cod
 
Makanan fermentasi: tempe, kombucha, kimchi, kefir
 
Rempah-rempah: kunyit, kayu manis, jahe, cabai rawit
 
Minuman: kopi, teh hijau, teh hitam.
 
Pada bahan makanan tersebut, terdapat kandungan vitamin yang memiliki manfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan vitamin D.
 
Iwan Abdul Gani
Shared Post: