'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Catatan Aisyiyah Tuban Tentang Pelatihan Pendamping Sebaya Untuk TB MDR di Gresik
02 November 2018 20:46 WIB | dibaca 898
 
TB MDR (Tubercolusis Multi Drugs Resisten) yang biasa disebut juga dengan TB RO (Resisten Obat) dalah sebuah Penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosa) yang sudah kebal dengan obat Rifampicin dan INH, dimana penularannya melalui percikan dahak Dan Kuman TB ini bias menyerang paru dan ekstra paru : Kelenjar getah bening, Kulit, Tulang, selaput otak, dan lain-lain.
 
Suspek/penderita TB ini bisa menjadi TB MDR dikarenakan memiliki riwayat kontak erat dengan penderia TB MDR dalam artian Penderita TB MDR menularkan bakterinya berupa TB MDR, yang kedua penderita TB mengalami Gagal dalam pengobatan karena tidak disiplin dalam mengkonsusmi Obat sehingga mengakibatkan Kuman menjadi kuat serta kebal dengan Obat TB, sehingga dibutuhkan proses penyembuhan selama 20 -24 bulan. Dan apabila tida ditangani secara medis dapat mengakibatkan kematian.
 
Mahalnya obat untuk penyakit TB ini menjadikan Negara turut andil dalam penangnanan proses penyembuhan dengan mensubsidi obat tb melalui puskesmas secara geratis. Sedangkan untuk penderita TB MDR yang ada di wilayah Tuban, Bojonegoro, Lamongan pengobatannya dirujuk ke Rumah Sakit Ibnu Sina Gersik.
 
 
Untuk Itu SSR TB-HIV ‘Aisyiyah Gersik mengadakan Training Pattien Suporter guna melakukan pendampingan terhadap pasien TB MDR di wilayah Gersik, Tuban, Bojonegoro dan lamongan yang dilaksanakan mulai tanggal 31 Oktober s/d 4 Nopember 2018 bertempat di Hotel Pesona Gersik. (Umi Risyida)
Shared Post: