'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Beli Tanah Seharga 1,5 M, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Berniat Membangun DOME
26 Februari 2019 14:38 WIB | dibaca 1690
Penandatangan Akad jual beli
 
Langkah SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban untuk terus memperluas lahan guna membangun gedung dan fasilitas siswa terus dilakukan. Hal tersebut dibuktikan dengan membeli tanah seluas 3.005 meter persegi yang terletak di sebelah barat sekolah tersebut.
 
Tanah tersebut sudah diincar pihak sekolah sejak lama, melalui lobi yang cukup alot akhirnya sang pemilik tanah bernama Muriyani bersedia melepaskan tanahnya bahkan mewakafkan 5 meter persegi untuk sekolah.
 
Selama ini, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban telah dikenal sebagai sekolah Pelayaran suasta yang moderat dan telah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan luar negeri seperti Jepang untuk penempatan tenaga lulusannya.
 
Melihat potensi sekaligus kebutuhan untuk sekolah Muhammadiyah yang lebih berkualitas maka Suyanto, S.Pi bersama jajaran pimpinan SMK Pelayaran Muhammadiyah dengan persetujuan Nur Alam, MAg selaku ketua Majelis Dikdasmen dan Nurul Yaqin, SH, selaku ketua PDM Tuban merasa penting mengembangkan sekolah tersebut menjadi lebih berkualitas lagi, salah satunya memperluas lahan.
 
Pembelian lahan tersebut secara resmi dilakukan pada Selasa, (26/2/2019) dengan penandatanganan akta jual beli. Proses pembayarannya memakan waktu 1,5, sementara sekolah baru bisa membayar DP seharga 100 juta.
 
Suyanto, S.Pi selaku kepala sekolah menuturkan bahwa melihat peluang di Tuban dan juga perkembangan sekolah ke depan, maka dia merasa perlu untuk membeli tanah itu.
 
"Tanah ini dibeli seharga 1,5 Miliard, rencananya akan dibangun Dome. Untuk langkah awal, kami baru memberi DP 100 juta. Kami diberi tenggat waktu 1,5 tahun."tuturnya
 
Lahan yang dibeli SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban
 
Dia berharap ada dermawan yang mau mengambil bagian dalam pembelian lahan ini dengan sistem wakaf tanah untuk sekolah sehingga tenggat waktu yang diberikan bisa terlaksana. Syukur-syukur sebelum tenggat waktu sudah terlunasi.
 
"Harga tanah permeternya 500.000, kalau ada yang mau wakaf, bisa 200 ribu, bisa 300 ribu, sesuai kemampuan. Saya berharap sebelum tenggat waktu yang dijanjikan, tanah tersebut sudah lunas."ucapnya
 
Sekolah Pelayaran Muhamadiyah di Tuban ini nantinya akan dijadikan percontohan sekolah Pelayaran swasta, pilot project bagi perpaduan keunggulan sistem pendidikan Islam yang sudah diterapkan Muhammadiyah di ribuan sekolahnya di Indonesia dengan keunggulannya dan dipadukan dengan sistem pendidikan dalam bidang kelautan dan perikanan yang memiliki potensi amat besar.
 
Iwan Abdul Gani
 

 
Shared Post: