'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Akhirnya Koperasi Sinar Sakinah Aisyiah Tuban Gelar RAT Tahun Buku 2018
20 Februari 2019 22:22 WIB | dibaca 308
 
Koperasi Konsumen Sinar Sakinah menggelar rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2018 dan  rencana kerja / RAPB tahun 2019. Koperasi milik Pimpinan Daerah  Aisiyah tersebut menggelar RAT di Gedung Dakwah  Muhammadiyah Tuban Rabu (20/2/2019).
 
Ada beberapa hal penting yang dibicarakan dalam rapat tersebut yaitu, penilaian kebijaksanaan pengurus selama tahun buku yang lampau. Neraca tahunan dan perhitungan laba rugi, penilaian laporan pengawas, penetapan pengurus dan pengawas, rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun selanjutnya.
 
Dalam laporan yang dibacakan oleh bendahara Koperasi bernama Miatun mengatakan bahwa Kas koperasi tahun 2018 berjumlah Rp. 44.140.527,- sedangkan tahun sebelumnya yaitu 2017 berjumlah Rp. 33.510.767,-. Sementara In-come tahun 2018 berjumlah Rp. 6.290.560, sedangkan tahun 2017 berjumlah Rp. 5.379.560.
 
 
Lilik Muyasaroh selaku pengawas koperasi mengatakan bahwa usaha tersebut adalah koperasi konsumen jual beli berbasis syari'ah, tidak ada transaksi lain selain jual beli.
 
"Kita punya koperasi lagi yaitu LKMS (Lembaha Keuangan Mikro Syari'ah, red), dan koperasi yang dimiliki Pimpinan Daerah 'Aisyiyah ini benar-benar koperasi syari'ah. Kita tidak ada bunga, pinjaman 1 juta, kembalinya 1 juta."ucapnya
 
Dia mengajak semua pengurus kiperasi untuk urung rembuk demi perkembangan koperasi tersebut, mengingat koperasi lain yang masih berada di bawah naungan Aisyiyah yang dilihat dari usia pendiriannya lebih awal Sinar Sakinah PDA Tunan, tetapi jumlah SHU-nya lebih besar.
 
"Harus ada pancingan-pancingan, strategi khusus. Kita intropeksi di mana sih yang harus kita benahi sehingga panjenengan semua bisa bergairah untuk menyuburkan kembali koperasi yang ada di daerah ini. Tuturnya
 
Menambah apa yang disampaikan oleh pengawas 1 Lilik Muyasaroh, pengawas 2 bernama Aminah mengatakan bahwa keanggotaan koperasi dari tahun ke tahun jumlahnya bertambah.
 
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pada tahun sebelumnya dinas koperasi meminta agar koperasi Sinar Sakinah tidak hanya bergerak di bidang konsumen tetapi merambat ke simpan pinjam.
 
"Sampai dengan tahun 2018, kita masih berada dalam usaha penyediaan seragam anggota Aisyiyah dan lembaga pendidikan yang ada di Aisyiyah"ujarnya
 
 
Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Tuban, Hj. Neffi Mudholifati saat diskusi menentukan jumlah simpanan poko k dan simpanan wajib meminta agar simpanan pokoknya dinaikkan.
 
"Simpanan pokok tidak harus dibayar kes, tetapi bisa diansur, mau nyicil 10 ribu ndak masaalah, yang penting dalam 1 tahun sudah lunas." Ucapnya
 
Iwan
Shared Post: