'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Aisyiyah Tuban Perkuat Ideologi Melalui Baitul Arqom
21 Juli 2018 13:12 WIB | dibaca 865
(iwan/tuban.aisyiyah.or.id)
 
Sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan dan mensosialisasikan ideologi Muhammadiyah di tengah-tengah multi kompleksnya benturan berbagai ideologi dengan bermacam ragam kepentingan. 
 
Oleh karena itu, Aisyiyah perlu melakukan revitalisasi dan reaktualisasi gerakan di semua tingkatan organisasi agar dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi umat melaui aksi yang langsung menyentuh danyut kehidupan masyarakat luas
 
Atas dasar tersebut, maka pada Sabtu (21/7/2018), Aisyiyah melalui Majelis Pembinaan Kader menggar baitul arqam bagi guru TK dan PAUD Aisyiyah sekabupaten Tuban dengan mengusung tema "Memperkuat Karakter Muhammadiyah Dalam Pengembangan Pendidikan TK Dan PAUD 'Aisyiyah Bustanul Athfal". Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yaitu Sabtu 21 sampai Ahad 22 Juli 2019 dengan memilih tempat kegiatan di Lembaga pendidikan Muhammadiyah Cendoro.
 
Baitul arqom bagi guru TK dan PAUD Aisyiyah merupakan salah satu bagian dari perkaderan yang wajib diikuti oleh seluruh guru TK dan PAUD Aiasyiyah karena mereka merupakan ujung tombak gerakan dakwah dalam menanam nilai-nilai keislaman sejak dini bagi generasi bangsa yang diharapkan kelak akan unggul dalam segala hal sehingga terwujudlah masyarakat Islam yang sebenar-benarnya sebagaimana yang dicita-citakan.
 
Ummi Rosyida selaku ketua Majelis Pembinaan Kader sekaligus ketua panitia pelaksana dalam sambutannya menyampaikan bahwa baitul arqam merupakan salah satu sarana pengkaderan.
 
"Berdasarkan muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah bahwasanya baitul arqam merupakan salah satu sarana perkaderan. Acar seperti ini diwajibkan lima tahun sekali dan diiluti oleh seluruh kader persyarikatan tanpa terkecuali." Tuturnya
 
"Dinamakan baitul arqam maka dari itu diharuskan bermalam. Apa bila ada kader yang kali ini tidak mengikuti, maka dia harus mengikuti sekolah kader selama satu bulan." Tambahnya
 
Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah kabupaten Tuban, Hj. Nefi Mudholifati menyampaikan dalam sambutannya bahwa baitul arqam bertujuan meningkatkan pemahan keislaman.
 
"Baitul arqom adalah salah satu bentuk perkaderan Aisyiyah yang merupakan modifikasi atau penyesuaian dan penyederhanaan Darul Arqam yang berorientasi pada pembinaan ideologi dan kepemimpinan untuk menciptakan kesamaan ini bertujuan meningkatkan pemahaman keislaman, integritas, wawasan, cara berfikir cara bertindak di kalangan pimpinan dan anggota dalam mewukudkan visi dan misi Aisyiyah" ucap ketua Aisyiyah Tuban
 
Lanjut dia, "Menyatukan tujuan yang telah dicita-citakan Muhammadiyah tentu menjadikan Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam mencapai tujuan bersama"
 
(iwan/tuban.aisyiyah.or.id)
 
Adapun sumber dana kegiatan ini didapatkan dari kas Aisyiyah kabupaten Tuban, Sumbangan wajib peserta serta Donatur atau sponsor, pada kegiatan ini, Aisyiyah mendapatkan sponsor dari air minum Suli5 yang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah kabupaten Tuban. (Ummu Wafie)
Shared Post: